Beranda Trending FFWI menyiapkan Piala Gunungan untuk para pemenang

FFWI menyiapkan Piala Gunungan untuk para pemenang

Jakarta (ANTARA) – Pada Senin (27 September), Panitia Festival Film Indonesia (FFWI) XI resmi menetapkan Piala Gunungan sebagai hadiah yang akan diberikan kepada para pemenang pada malam puncak 28 Oktober 2021.

“Nama Piala Gunungan ditentukan dengan musyawarah mufakat,” kata Armada Sukardi, ketua panitia FFWI XI Wina, seperti dikutip dalam siaran pers, Selasa.

Gunung yang berbentuk segitiga, meruncing ke atas, menggambarkan berbagai penggambaran kehidupan di alam semesta, termasuk flora dan fauna. Dari bentuk ini mengikuti filosofi bahwa semakin Anda sadar, semakin dekat Anda dengan Sang Pencipta.

Struktur segitiga Gunungan juga terinspirasi dari bentuk gunung berapi yang merupakan perpaduan antara kesejukan dan kekuatan yang dahsyat. Sedangkan dalam dunia wayang, Gunungan digunakan untuk membuka dan menutup sebuah cerita, serta sebagai tanda pergantian adegan.

“Jangan lupa bahwa Gunungan digunakan tidak hanya dalam tradisi budaya Jawa, tetapi juga dengan berbagai nama lain, juga ditemukan di banyak wilayah di Indonesia,” kata Vina.

Di kawasan Bulukumba, Geneponto, Sulawesi Selatan, Gunungan mengikuti acara Mauludan dan ditempatkan di perahu kayu untuk ditantang warganya.

Gunungan juga identik dengan filosofi Bugis Makassar yang dikenal dengan pepatah 3S, yaitu: Sinaknga (saling mengingatkan) Sipakalebbi (saling menghormati) dan Zipakatau (tidak saling lepas).

Oleh karena itu, panitia merasa Gunungan patut disebut sebagai piala FFWI karena memiliki akar yang kuat dalam budaya Indonesia. Juga, secara historis, Gunungan tidak dapat dipisahkan dari layar putih dalam budaya kuno.

Piala Gunungan terdiri dari lima tingkat yang mencerminkan Panchasila setinggi 28 sentimeter, puncaknya adalah simbol FFWI dengan puncak Gunungan.

Lalu ada bagian gagang yang bundar, yang dihiasi dengan kilauan emas, dan nama pemenangnya terbuat dari kuningan.

Vina mengatakan, desain Gunungan Cup sudah diselesaikan oleh panitia di bawah kepemimpinannya, sedangkan teknis produksi diserahkan kepada kebijaksanaan para ahli.

“Ke depan kami akan mendaftarkan desain cangkir Gunungan ke Kantor Hak Cipta dan Desain Industri,” kata Vina.

Artikel sebelumyaApartemen Ikan Siap Tenggelam di Pantai Cacalan Banyuwangi
Artikel berikutnyaDaniel Craig bersemangat sebelum rilis "Tidak ada waktu untuk mati" di bioskop