Beranda Warganet Festival Sandeg di Sulawesi Barat diminta menjadi tuan rumah bersama Haornas

Festival Sandeg di Sulawesi Barat diminta menjadi tuan rumah bersama Haornas

Tiga puluh empat perahu Sandeq untuk berlayar ke Kalimantan

Mamuju (ANTARA) – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudine Amalie meminta agar Festival Perahu Sandek di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) digelar bersamaan dengan perayaan Hari Olahraga Nasional (Haornas).

“Kami sudah laporkan ke Menteri Pemuda dan Olahraga bahwa Festival Perahu Sandeq Sulbar akan dilaksanakan pada September 2022,” kata Akmal Malik, Pj Gubernur Sulawesi Barat, di Mamuju, Rabu.

Dikatakannya, dalam pertemuan Pemprov Sulbar dengan Menpora, Menpora menuntut agenda tersebut dilakukan bersamaan dengan perayaan Haornas pada 9 September 2022.

Menurut dia, pihaknya akan memenuhi permintaan tersebut dan menyusun program sebagai langkah untuk mengimplementasikan dua agenda tersebut.

Ia juga mengatakan, pihaknya akan bertemu dengan Walikota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Rahman Masood untuk menjadi tuan rumah festival yang melewati Selat Makasar, dari wilayah Sulawesi Barat hingga Ibu Kota Negara (IKN) yang baru. di pulau Kalimantan.

Ia mengatakan festival Sandeq digelar karena ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa melalui budaya Sandeq, pihaknya mendukung perkembangan IKN.

“Tiga puluh empat perahu Sandeq akan berangkat ke Kalimantan sebagai tanda atau simbol, berbalut budaya Sulawesi Barat, bahwa 34 provinsi di Indonesia siap memberikan dukungan untuk percepatan pengembangan IKN,” katanya.

Dikatakannya, Festival Sandeq menggunakan anggaran kegiatan advokat dan swasta.

“Pasti tidak pakai APBD,” katanya.

Ia juga mengatakan, rute festival Sandek akan dimulai dari Tanjung Silopo, Kabupaten Polman menuju kawasan Somba dan Deking di Magen, Kabupaten Majene, sejauh 170 kilometer.

Mereka kemudian akan melakukan perjalanan ke Kalimantan dan dikawal TNI untuk memastikan keselamatan Passandeq atau orang-orang yang mengendarai perahu tradisional.

Artikulli paraprakBNN mendorong masuknya pengetahuan narkoba dalam mata pelajaran
Artikulli tjetërLampung didesak tingkatkan vaksinasi ternak terhadap penyakit mulut dan kuku