Beranda News DPR Dapat Surpres Terkait RUU IKN

DPR Dapat Surpres Terkait RUU IKN

Jakarta (ANTARA) – Ketua DPR RI Puan Maharani menerima surat dari Presiden terkait RUU Ibu Kota Negara yang disampaikan langsung oleh Menteri Sekretariat Negara Pratikno dan Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di rapat Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu .

Poin mengatakan DPR RI sejalan dengan sikap pemerintah tentang perlunya pemindahan ibu kota negara RI.

“Pimpinan DPR menerima Menteri Negara dan Kepala Bappen yang membawa surat presiden tentang ibukota negara. DPR menganut sikap pemerintah mengenai perlunya pemindahan ibu kota negara,” kata Poin dalam pers. Konferensi di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Dijelaskannya, gagasan pemindahan IKN ini dikemukakan oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Sukarno, guna memindahkan IKN ke tempat yang lebih baik dan lebih bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Poigne berharap pemerintah ketika berencana memindahkan IKN harus mampu mengedukasi masyarakat secara komprehensif tentang perlunya pemindahan ibu kota dari segi ekonomi, sosial dan efektivitas pemerintahan, termasuk tahapan dan skema pendanaan.

“Mulai hari ini, pemerintah diharapkan melakukan komunikasi konkrit dengan masyarakat terkait rencana pemerintah menyerahkan IKN,” ujarnya.

Menurutnya, dalam proses pembahasan RUU tersebut, DPR akan memperhatikan dan mempertimbangkan aspirasi dan kontribusi masyarakat.

Ia berharap RUU IKN mampu memenuhi kebutuhan akan modal yang ideal dari segala sudut dan dengan segala pemikiran dan pertimbangan yang ada.

“RUU IKN harus dilengkapi secara komprehensif dengan tindakan normatif turunan. Seharusnya banyak pihak yang ikut dalam pembahasan, tidak hanya pemerintah dan DPR, tapi seluruh elemen bangsa,” ujarnya.

Artikel sebelumyaJK imbau masjid jangan bangun unit usaha
Artikel berikutnyaCiptakan Tata Kelola Berkualitas, Menteri Johnny, Kominfo Terapkan 5 Langkah sesuai Amanat UU