Beranda Nusantara Di beberapa wilayah di Indonesia, berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin.

Di beberapa wilayah di Indonesia, berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin.

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat disertai petir dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia hari ini, termasuk beberapa provinsi di Kalimantan dan Sulawesi.

Dalam peringatan dini cuaca yang dikutip situs BMKG dari Jakarta, Sabtu, terpantau sirkulasi siklon di perairan barat Bengkulu dan Papua tengah, yang membentuk kawasan angin pelan atau konvergensi yang membentang dari Laut Jawa hingga Sumatera Selatan.

Zona konvergensi juga terbentuk di Maluku dan Papua Barat, di Papua dan di perairan utara Papua Barat.

Daerah konvergensi lainnya membentang di Aceh bagian selatan, di Sumatera Barat, di bagian timur Laut Jawa, di pantai selatan Jawa Barat, di Jawa Timur, di NTT, di Laut Flores, di utara Kalimantan Utara, dari tenggara Sulawesi, selatan. Dari Sulawesi sampai Sulawesi Tengah, di Sulawesi Utara, di perairan utara Halmahera dan di Laut Maluku.

Kondisi ini dapat meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sekitar sirkulasi siklon dan di sepanjang daerah konvergensi.

BMKG memprediksi Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua saat ini berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat.

Sedangkan wilayah yang berpotensi hujan ringan adalah Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, dan Maluku Utara. Daerah yang dapat mengalami angin kencang adalah Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Barat.

BMKG juga memperingatkan beberapa provinsi yang berpotensi menghadapi banjir atau banjir bandang akibat hujan lebat, yakni Sulawesi Tengah, Maluku, Papua Barat, dan Papua, yang semuanya dalam kategori waspada.

Artikel sebelumyaWaspadai ombak setinggi dua meter di Lombok.
Artikel berikutnyaAkhirnya, bentuk babirus dijelaskan, yang dianggap sebagai mitos.