Beranda Nusantara Desa Torue Parigi Mutong kembali diguncang gempa

Desa Torue Parigi Mutong kembali diguncang gempa

Palu (ANTARA) –

Desa Toru, Kecamatan Parigi Muthong, Sulawesi Tengah, kembali diguncang gempa susulan setelah hujan deras mengguyur kawasan tersebut pada Minggu, kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Muthong, Idran.
“Banjir terjadi sekitar pukul 13.30 WITA akibat hujan deras yang membanjiri Torue dan sekitarnya. Kami masih pantau di lapangan,” kata Idran yang dihubungi dari Palu.
Dikatakannya, banjir cukup parah dan membawa material lumpur sehingga kendaraan tidak bisa melewati jalur yang melewati Sulawesi, serta pemukiman warga di Dusun 2, Dusun 3 dan Dusun 5 juga terendam banjir.

Dilaporkan bahwa beberapa warga dievakuasi dan beberapa mengungsi ke tempat yang lebih aman.
“Kami masih berpegangan pada pos logistik di kantor kecamatan Torue bersama warga. Saking derasnya air, halaman kantor kecamatan juga tergenang air. Di tempat kita sekarang, air mulai naik, hanya 10 sentimeter dalam satu kolom,” kata Idran.
Hingga saat ini masih diguyur hujan di wilayah tersebut, dan belum diketahui apakah masih ada warga yang terjebak di dalam rumah tersebut karena air masih mengalir deras.
Dua desa pesisir yang dilanda banjir pertama pada 28 Juli 2022 itu cukup rentan karena berada di titik-titik rendah, terutama desa 2 yang dekat dengan muara Sungai Toru.
“Kami bersiaga dengan Tim Rapid Response (TRC) BPBD untuk memantau situasi. Rombongan kami juga pindah dari Paris ke Torui untuk membantu warga,” kata Idran.

Artikulli paraprakBuronan korupsi bank NTT dengan riwayat kredit macet ditangkap di Kelapa Gading.
Artikulli tjetërLima orang tewas dalam kecelakaan di garis tengkorak Sukabumi-Chianjur.