Beranda News Casal Pimpin Pejuang ALRI di TMP Kalibakung

Casal Pimpin Pejuang ALRI di TMP Kalibakung

Jakarta (ANTARA) – Dalam rangka memperingati hari jadi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) TNI ke-76, Laksamana TNI Yudo Margono memimpin upacara ziarah ke makam pahlawan untuk menghormati para pejuang Angkatan Laut Indonesia (ALRI) di TMP Kalibakung, Tegal, Jawa Tengah. Minggu.

Didampingi panglima TNI AL, panglima armada, Bupati Tegal, forkopimda Tegal, tokoh agama dan pemuda, Laksamana Yudo mengundang seluruh pahlawan yang hadir pada upacara ziarah untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan. Prajurit TNI AL yang gugur tahun 1947 dalam agresi militer Belanda.

Menurutnya, sejarah perjuangan para pahlawan dalam membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah lembaran yang ditorehkan dengan tinta emas. “Perjuangan pahlawan adalah tonggak sejarah kita dalam perjalanan menuju kemerdekaan ini,” kata Laksamana Yudo, dikutip dalam keterangan tertulis dari Puspen TNI Angkatan Laut yang diterima di Jakarta.

Dalam rangka HUT TNI ini, TNI Angkatan Laut melakukan ziarah ke tempat-tempat yang menjadi lokasi permusuhan pada masa agresi Belanda tahun 1947. Pada tahun 1947, 14 tentara Angkatan Laut tewas dalam pertempuran untuk agresi Belanda. Mereka semua dimakamkan di tempat terpisah.

Untuk menghormati para pahlawan tersebut, TNI Angkatan Laut mengangkut dan menguburkan kembali jenazah para pejuang TNI Angkatan Laut ke sebuah kompleks monumen pejuang TNI Angkatan Laut Wana Saumer Kalibakung, Tegal, Jawa Tengah. Pemindahan dan penguburan jenazah militan ALIR akan dilakukan pada 30 Juli 2021.

Ibadah haji Pejuang Kemerdekaan juga menampilkan sinergi TNI-Polri yang juga hadir dalam acara tahunan tersebut.

Upacara tersebut dihadiri tidak hanya oleh perwakilan TNI-Polri, tetapi juga perwakilan masyarakat, yang merupakan wujud nyata apresiasi generasi penerus terhadap Kusuma Bangsa.

Barisan tamu undangan juga dihadiri perwakilan ormas kepemudaan seperti KNPI, GMNI, PP Muhammadiyah, GP Ansor dan tokoh lintas agama.

Artikel sebelumyaBentuk Akulturasi Budaya Papua di Vihara Arya Dharma
Artikel berikutnyaTim Futsal NTB Raih Perunggu di PON XX Papua