Beranda Nusantara Bunga Rafflesia gadutensis mekar di sungai Gambir Sako Tapan

Bunga Rafflesia gadutensis mekar di sungai Gambir Sako Tapan

Paynan (ANTARA) – Bunga Rafflesia gadutensis Mekar di kawasan Taman Nasional Kerinchi Seblat (TNKS), yaitu di kawasan Nagari Sungai Gambir Sako Tapan, kawasan Rana Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pisisir Selatan, Sumatera Barat.

“Setelah memastikan kondisi lapangan, kami langsung berkoordinasi dengan Wali Nagari dan tokoh masyarakat untuk bahu-membahu mendukung konservasi bunga, termasuk habitatnya,” kata Rika Putra Abbas, Satpol PP TNKS di Paynan, Senin.

“Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan membatasi jumlah pengunjung yang datang ke tempat tersebut dan tidak over-clean,” ujarnya.

Dia sebelumnya menyebutkan bahwa jenis bunga rafflesia yang sama juga mekar dua kali tahun ini di lokasi tersebut. “Selain itu, kami juga berasumsi bahwa empat kuncup atau kepala bunga serupa akan mekar lagi dalam waktu dekat,” katanya.

Sebuah bunga tertulis di sana Raflesia sp merupakan jenis tumbuhan yang dilindungi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya, oleh karena itu keberadaannya terus dipantau dan dipelihara agar tetap lestari.

Sementara itu, Petugas Pengendali Ekosistem Hutan Fungsional TNKS Sumbar, M. Ario Agusri menjelaskan, bunga raflesia merupakan salah satu tumbuhan parasit langka yang terdapat di hutan hujan tropis.

Spesies ini ditemukan di Asia Tenggara, terutama di Semenanjung Malaya, Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan kepulauan Filipina.

Diperkirakan ada 27 spesies rafflesia di dunia, tujuh belas spesies rafflesia ditemukan di Indonesia, enam di antaranya di Sumatera, katanya.

Artikel sebelumyaHakim mengatakan, hampir semua pemberi layanan sosial dari Kementerian Sosial tidak memenuhi syarat.
Artikel berikutnyaHakim: Penghapusan hak politik Juliari Batubara membela masyarakat