Beranda Nusantara BPBD Pamekasan Umumkan Peringatan Dini Potensi Kondisi Cuaca Buruk

BPBD Pamekasan Umumkan Peringatan Dini Potensi Kondisi Cuaca Buruk

Pemerintah Kabupaten Pamekasan BPBD juga berkoordinasi dengan TNI dan Polri.

Pamekasan (ANTARA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, telah memberikan peringatan dini cuaca buruk yang berpotensi terjadi di wilayah tersebut.

“Berdasarkan prakiraan yang diberikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kepada Pemkab Pamekasan BPBD selama tiga hari terakhir,” kata Koordinator Tim Respon Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Pamekasan Budi Cahyono di Pamekasan, Sabtu.

Budi menjelaskan cuaca bisa buruk mulai 27 hingga 29 November 2021.

Regensi Pamekasan diperkirakan akan mengalami hujan sedang hingga lebat selama periode ini, disertai petir dan angin kencang.

Prognosis buruk ini, lanjut Boudi, tidak hanya di Kabupaten Pamekasan, tetapi bisa juga terjadi di sejumlah kabupaten lain di Pulau Madura, yakni Kabupaten Sumep, Sampang, dan Bangkalan.

Budi menjelaskan, BPBD Pemkab Pamekasan menyebarluaskan informasi tentang kemungkinan cuaca buruk dalam tiga hari ke depan kepada masyarakat melalui berbagai media, baik media maupun jejaring sosial.

Selain itu, BPBD Pemerintah Daerah Pamekasan juga telah menginstruksikan staf lapangan untuk memperkuat pemantauan dan pengawasan sehingga jika terjadi bencana, petugas dapat segera mengidentifikasi dan mengambil tindakan.

“Pemerintah Daerah BPBD Pamekasan juga telah berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk membantu pengawasan dan deteksi dini,” ujarnya.

Menurut Koordinator TRC BPBD Pemkab Pamekasan Budi Kahiono, keterlibatan TNI-Polri dalam deteksi dini karena kedua fasilitas tersebut memiliki jaringan petugas hingga tingkat desa.

Artikel sebelumyaHkm Seberang Bersatu memberikan donasi untuk konservasi mangrove dan terumbu karang
Artikel berikutnyaRahmania Astrini rilis "kupu-kupu", berbeda dari karya sebelumnya