Beranda Nusantara BPBD Cilacap: Banjir di Majenang sudah surut

BPBD Cilacap: Banjir di Majenang sudah surut

Alhamdulillah banjir sudah surut dan 50 warga yang sebelumnya mengungsi di rumah petani Mulasari juga sudah kembali ke rumah masing-masing pada Kamis (18/11) siang.

Cilacap (ANTARA) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengatakan banjir yang membanjiri empat desa di kawasan Majenang telah surut.

“Alhamdulillah banjir sudah surut dan 50 warga yang sebelumnya mengungsi di rumah petani Mulasari juga sudah kembali ke rumah masing-masing pada Kamis (18/11) sore,” kata Kepala BPBD Kabupaten Cilacap Vijonardi didampingi Camat. Tim Pelaksana Teknis BPBD Wilayah Majenang, Edi Sapto. Prihono di Majenang, Chilakap, Jumat.

Namun, dia mengimbau warga Majenang untuk tetap waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi seiring dengan meningkatnya curah hujan, terutama saat puncak musim hujan pada November hingga Januari.

Menurut dia, hal itu karena dua UPT BPBD kecamatan di wilayah Majenang, yakni wilayah Majenang dan Wanareja, rawan banjir.

“Empat desa yang terendam banjir kemarin, yakni Mulasari, Muladadi, Pakhonjan dan Padangsari, rawan banjir di wilayah Majenang. Di Wanarej itu termasuk Limbangan dan Madura,” ujarnya.

Selain banjir, kata dia, hampir seluruh wilayah di UPT BPBD wilayah Majenang, terutama di perbukitan, rawan longsor dan tanah bergerak.

Terkait rencana penertiban tanggul Sungai Chikawung yang jebol, dia mengatakan, Pemkab Chilakap sedang berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Xitandui di Banjar, Jawa Barat.

“Itu menjadi tanggung jawab BBWS Citanduy untuk menangani tanggul jebol,” jelasnya.

Banjir yang membanjiri desa Mulyasari, Padangsari, Muladadi dan Pakhondjan terjadi pada Rabu (17 November) pukul 00.00 WIB, karena tanggul sungai Chikavung di desa Karangreja, kecamatan Chimanggu, Chilachap, sudah lama tidak diperbaiki. banyak waktu.

Artikel sebelumyaBMKG menyiapkan rencana aksi nasional adaptasi dan mitigasi perubahan iklim
Artikel berikutnyaKim Kardashian dan Pete Davidson resmi berkencan