Beranda Nusantara BMKG: Waspada Hujan, Angin kencang, dan Petir di Sumut

BMKG: Waspada Hujan, Angin kencang, dan Petir di Sumut

Hujan deras dapat menyebabkan tanah longsor dan banjir

Medan (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengingatkan masyarakat akan potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir di sebagian wilayah Sumatera Utara.

Peramal BBMKG Wilayah I Medan, Nora Sinaga Medan, Rabu, mengatakan hujan lebat berpotensi terjadi di Lereng Timur, Pantai Timur, dan pegunungan Sumatera Utara.

“Hujan deras ini berpotensi menyebabkan tanah longsor dan banjir,” katanya.

Secara umum cuaca di Sumatera Utara pada siang hari berpotensi hujan ringan di Langkat, Delhi Serdang, Binjay, Medan, Kep. Nias, Karo, Serdang Bedagay, Batubara, Simalungun, Labukhanbatu Utara, Labukhanbatu, Labukhanbatu Selatan.

Pada sore – malam hari, hujan ringan atau lebat disertai angin kencang dan kilat berpotensi terjadi di wilayah Langkat, Binjay, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun, Medan, Delhi Serdang, Simalungun, Humbang Hasundutan, Samosir, Utara. Tapanuli dan sekitarnya.

Hujan sedang mungkin terjadi di Langkat, Binjay, Karo, Simalungun, Delhi Serdang, Tebing Tinggi dan sekitarnya pada pagi hari.

Suhu udara 18,0 – 31,0 derajat Celcius, kelembaban 60-98 persen, angin bertiup dari barat daya-timur laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.

Artikel sebelumyaWarga Pantai Manokwari Timur Melihat Fenomena "Puting beliung"
Artikel berikutnyaMerapi mengeluarkan aliran lava pijar sebanyak 15 kali pada jarak 2000 meter