Beranda Warganet BMKG: Waspada gelombang tinggi dua hari lagi

BMKG: Waspada gelombang tinggi dua hari lagi

Rezim angin di Indonesia bagian utara terutama bergerak dari tenggara ke barat daya dengan kecepatan angin 5 hingga 20 knot.

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kemungkinan gelombang tinggi di perairan Indonesia mulai 3-4 Agustus 2022.

Laporan dari www.bmkg.go.id di Jakarta, Rabu, menyebutkan angin di Indonesia bagian utara dominan bergerak dari barat daya ke tenggara dengan kecepatan angin antara 5 hingga 20 knot.

Sementara itu, wilayah selatan Indonesia didominasi oleh lalu lintas timur-tenggara dengan kecepatan angin antara 5 hingga 25 knot. Kecepatan angin tertinggi diamati di perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, Laut Arafura bagian timur, perairan Yos Sudarso dan perairan Merauke.

BMKG memprediksi potensi tinggi gelombang 1,25-2,50 meter atau skala sedang dapat terjadi di perairan timur dari Kepulauan Nias hingga Kepulauan Mentawai. Selat Lombok Utara, Perairan Sumatera Barat, Laut Sawu Utara, Laut Flores, Perairan Baubau Timur, Perairan Kepulauan Selayar, Laut Jawa hingga Jayapura.

Gelombang dengan tinggi atau kriteria tinggi 2,5 sd 4 meter berpeluang terjadi di Selat Malaka bagian utara, perairan timur Pulau Simeulue, perairan Bengkulu, Teluk Lampung bagian selatan, Selat Sape bagian selatan, Selat Sumba bagian barat, perairan selatan Pulau Sumba, Laut Sawu bagian selatan. dan Perairan Selatan Pulau Sawu.

Gelombang 4 sampai 6 meter atau kriteria sangat tinggi dapat terjadi di perairan utara Sabang, perairan barat dari Aceh hingga Kepulauan Mentawai, perairan pulau Engano, perairan Lampung barat, di barat Samudera Hindia Sumatera. , Perairan selatan Pulau Jawa hingga Pulau Sumbawa, Selat Bali, Lombok, Alas Selatan dan Samudera Hindia bagian selatan dari Pulau Jawa hingga NTT.

BMKG memberikan saran keselamatan, terutama untuk operasi berisiko tinggi seperti kapal penangkap ikan dengan kecepatan angin di atas 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Tongkang dengan kecepatan angin di atas 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, kapal feri dengan kecepatan angin di atas 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Selain itu, kapal besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar memiliki kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang lebih dari 4 meter.

BMKG juga mengimbau warga yang tinggal dan bekerja di pesisir pantai di daerah rawan gelombang tinggi untuk tetap waspada.

Artikulli paraprakPartai Kebangkitan Nasional mendaftar ke Partai Komunis
Artikulli tjetërFestival tradisional Lalitpur di Nepal menunjukkan bagaimana orang-orang menjaga tradisi lama tetap hidup.