Beranda Nusantara BMKG temukan 73 titik api di Kaltim

BMKG temukan 73 titik api di Kaltim

Balikpapan (ANTARA) — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi 73 titik panas yang tersebar di lima kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melalui sebuah stasiun di Kota Balikpapan, dan semuanya bersuhu sedang. kepercayaan diri.

“Sabtu (13 Agustus) 73 titik api diperiksa mulai pukul 01:00 WITA hingga 24:00 WITA,” kata Sultan Aji Muhammad Suleiman (SAMS), peramal stasiun kelas I BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fakhturoni di Balikpapan, Minggu.

Dia segera melaporkan alokasi 73 titik api kepada pihak terkait, khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di Provinsi Kaltim maupun kabupaten setempat untuk dikaji lebih lanjut.

Dua hari sebelumnya, pihaknya juga menemukan 31 titik api yang tersebar di lima kecamatan dan langsung menginformasikan kepada pihak terkait agar titik api tersebut hilang, sedangkan 73 titik api yang terpantau kemarin hingga tadi malam merupakan titik api yang berada di lokasi berbeda dan tersebar di delapan wilayah. daerah.

Kedelapan wilayah yang teridentifikasi 73 titik api itu adalah Kota Balikpapan 1 titik, Samarinda 1 titik, Kabupaten Paser 2 titik, Kutai Timur 27 titik, Kutai Barat 2 titik, Kutai Kartanegara 20 titik, Berau 10 titik, dan Kabupaten Mahakam. Titik panas.

Rincian berdasarkan wilayah: 1 titik api di Balikpapan di kabupaten Balikpapan Barat, 1 titik api di Samarinda di kabupaten Palaran, 2 titik api di Kutai Barat di kabupaten Muara Pahu, 2 titik di Paser di kabupaten Batu Engau.

Ke-10 titik api yang terdapat di Mahakam Ulu kemudian dialokasikan ke tiga sub wilayah, yaitu Kecamatan Long Pahangai dengan 6 titik api, Kecamatan Long Apari dengan 1 titik api dan Kecamatan Laham dengan 3 titik api.

Selain itu, ditemukan 27 titik api di Kutai Timur yang tersebar di tujuh kecamatan, yaitu: 1 titik api di Kecamatan Teluk Pandan, 10 titik api di Kecamatan Telen, 2 titik di Rantau Pulung, 3 titik di Muara Wahau, 8 titik di Kongbeng, 2 titik api poin. poin di Kaubun dan 1 poin di area Busan.

Dari 20 site di Kutai Kartanegara yang terletak di sembilan kecamatan yaitu kecamatan Muara Vis, Loa Kulu, Anga dan Kenohan, masing-masing dengan 1 site, terdapat 4 access point di kawasan Kota Bangun.

Kemudian 5 titik api ditemukan di kecamatan Loa Janan, 2 titik api ditemukan di subarea Marangkayu, 1 titik ditemukan di subarea Muara Badak dan 4 titik panas ditemukan di subarea Muara Kaman.

“Untuk Kabupaten Berau teridentifikasi 10 titik api, tersebar di enam kecamatan yaitu di kecamatan Biduk-Biduk, Kelay, Sambaliung dan Tabalar, masing-masing 1 titik api, dan ada 3 titik api di kecamatan Segah dan Talisayan,” kata Ilham.

Artikulli paraprakBMKG prediksi hujan di beberapa kota besar
Artikulli tjetërChina memperbarui peringatan menjadi merah karena suhu tinggi