Beranda Nusantara BMKG prediksi hujan lebat di beberapa wilayah

BMKG prediksi hujan lebat di beberapa wilayah

Daerah yang berpotensi rawan hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara.

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat akan disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Indonesia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA dari situs resmi BMKG di Jakarta, Minggu, prakiraan cuaca untuk wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung.

Prakiraan cuaca juga berlaku di Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

Hujan lebat juga diperkirakan terjadi di Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Daerah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah DKI Jakarta, Sulawesi Selatan, dan Maluku Utara.

BMKG mewaspadai gelombang setinggi 2,5-4 meter, antara lain di perairan selatan Jawa hingga Lombok, perairan Lampung Barat, perairan Sumatra di barat Samudera Hindia, perairan Engano – Benkulu, dan perairan utara Manokwari – Pulau Biak.

Selain itu, waspadai gelombang sangat tinggi 4-6 meter di Laut Utara Natuna.

Sektor pelayaran diharapkan memperhatikan peringatan gelombang tinggi yang dikeluarkan BMKG, yang berlangsung mulai Minggu (12/12) pukul 07.00 WIB hingga Senin (13.12) pukul 07.00 WIB.

Masyarakat yang tinggal dan bekerja di pesisir pantai di daerah rawan gelombang tinggi juga dihimbau untuk tetap waspada setiap saat.

Artikel sebelumyaSeminggu kemudian, Terdakwa Asabri dijatuhi hukuman mati sampai mantan PKC itu dilantik.
Artikel berikutnya44 Mantan Staf PKC Dilatih tentang Kebijakan Pembangunan Nasional