Beranda Nusantara BMKG peringatkan hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia

BMKG peringatkan hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia

Kondisi ini dapat meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sekitar area sirkulasi siklon.

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang berpotensi melanda beberapa wilayah Indonesia pada Selasa.

Informasi yang dikutip situs BMKG, Selasa, menyebutkan potensi hujan disertai kilat dan angin kencang diwaspadai di Provinsi Aceh, Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur. .

Kondisi serupa juga terjadi di Kalbar, Kalsel, Kalteng, Kaltim, Kaltara, Sulbar, Sulsel, Sulteng, Sultra, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat.

Menurut BMKG, sirkulasi siklon diamati di sekitar Thailand dan di perairan barat Filipina, yang membentuk zona konvergensi (bertemu dan memperlambat kecepatan angin) yang menyebar di sekitar sirkulasi siklon.

Zona konvergensi juga membentang dari Laut Banda hingga bagian tengah Selat Makassar dan hingga Papua.

“Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar zona sirkulasi siklon dan di sepanjang zona konvergensi,” kata BMKG.

Selain itu, BMKG juga telah mengeluarkan peringatan dini potensi banjir di beberapa daerah yaitu Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Artikel sebelumyaKomnas HAM: Kepadatan Lapas Penyebab Krisis Kemanusiaan
Artikel berikutnyaKemarin, penuntutan M. Kese di hadapan sidang Yahya Valoni