Beranda Nusantara BMKG melaporkan gelombang laut di Maluku Utara mencapai 4-6 meter

BMKG melaporkan gelombang laut di Maluku Utara mencapai 4-6 meter

Hal ini dikarenakan fenomena dan kemungkinan hujan lebat disertai angin kencang dan kilat.

Ternate (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sultan Baabullah Ternate mengimbau seluruh pengguna laut berhati-hati karena kondisi cuaca ekstrem melanda perairan Maluku Utara (Malut) akibat tingginya gelombang laut hingga 4-6 meter disertai angin kencang. oleh angin kencang.

“Semua hasil update cuaca kami sampaikan dan menanyakan kemungkinan terjadinya gelombang dengan ketinggian 4-6 meter terutama di perairan Halmahera Barat, Halmahera Timur, Morotai, Batang Dua, Halmahera Selatan hingga Sungai Sula. “Kepulauan itu,” kata peramal BMKG Sultan Baabullah Ternate, Fahmi. Bakhdar di Ternate, Selasa.

Selain itu, kata Fahmi, pihaknya melaporkan kemungkinan terjadinya gelombang tinggi disertai banjir, longsor, pohon tumbang dan gelombang pantai yang dapat terjadi pada kondisi cuaca ekstrim.

Bahkan, ada kemungkinan hujan lebat disertai angin kencang selama dua hari ke depan, terutama di perairan Morotai, Galela, Gailolo, Batang Dua dan sejumlah badan air di Halmahera Selatan.

Dia mengatakan hal ini berdasarkan pengamatan pola tekanan rendah 1000 HPA di Australia utara, yang terus menguat dan memicu pola konvergensi di sebagian besar Maluku Utara.

Menurut Fahmi, hal itu karena fenomena dan kemungkinan hujan lebat disertai angin kencang dan kilat.

Namun secara umum berawan dengan potensi hujan ringan sedang di Ternate, Jailo, Tidore, Galela, Ibu, Kedi, Susupu, Loloda, Morotai dan sekitarnya, dan umumnya berawan dengan kemungkinan hujan ringan di Morotai. , Wilayah Tobelo, Loloda, Kayoa., Sulabesi, Obi, Bakan dan sekitarnya dengan suhu udara: 27⁰C – 31⁰C, kelembaban: 70-88%, angin bertiup dari barat laut ke timur laut; 05-50 km / jam.

Sedangkan potensi hujan sedang atau lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang akan terjadi di wilayah Halmahera Barat, Loloda, Ibu, Tabaru, Kabupaten Halmahera Utara: * Loloda Utara, Wilayah Barat Daya Pulau Morotai , Ternate Gorod : * Pulau Ternate, Pulau Hiri dan Sekitarnya.

Artikel sebelumyaSukarelawan "Ganas" Surabaya Umumkan Dukungan untuk Capres Eric Tohir
Artikel berikutnyaAktivis menyebut RUU Perlindungan Keluarga sebagai pesaing RUU TPKS.