Beranda Nusantara BMKG: Eddy di Kalimantan dan Bali menyebabkan awan hujan meningkat

BMKG: Eddy di Kalimantan dan Bali menyebabkan awan hujan meningkat

Peningkatan curah hujan telah diamati di beberapa daerah karena adanya pusaran di Kalimantan bagian utara dan sekitar Bali.

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan pusaran angin di Kalimantan Utara dan Bali dapat menyebabkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di Indonesia pada Minggu.

“Terjadi peningkatan curah hujan di beberapa daerah karena pusaran angin terjadi di Kalimantan bagian utara dan sekitar Bali yang akan menyebabkan angin menyatu di sepanjang Sumatera bagian selatan Jawa hingga Kalimantan bagian selatan,” kata peramal BMKG Ahmad Rifani yang berada di belakangnya. BMKG. .go.id di Jakarta.

BMKG melaporkan, kondisi tersebut menyebabkan peningkatan awan hujan yang signifikan terutama di wilayah Sumatera bagian selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan sebagian besar wilayah. Sulawesi, Maluku dan Papua.

BMKG mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut untuk mewaspadai kemungkinan hujan lebat dan angin kencang, terutama pada siang dan malam hari.

Sementara itu, hujan lebat disertai angin kencang juga dapat terjadi di sejumlah ibu kota daerah seperti Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Tarakan, Pangkal Penang, Bandar Lampung, Mataram, dan Mamuju.

Daerah lain yang dilaporkan cerah dan berawan adalah Banda Aceh, Serang, Pontianak, Pekanbaru, dan Medan.

Suhu di beberapa wilayah di Indonesia diproyeksikan berkisar antara 21 hingga 33 derajat Celcius, dan tingkat kelembapan 65 hingga 100 persen.

Artikel sebelumyaKejaksaan Sorong Tangkap Buronan Korupsi Saat Perluas Jaringan Listrik
Artikel berikutnyaMinggu, penugasan Menteri Dalam Negeri untuk pidato Presiden di KTT ASEM