Beranda Warganet BKKBN: Lebih baik belikan makanan yang mengenyangkan untuk anak-anak daripada rokok

BKKBN: Lebih baik belikan makanan yang mengenyangkan untuk anak-anak daripada rokok

mari bersosialisasi untuk mengubah cara berpikir

Jakarta (ANTARA) – Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Vardoyo mendorong anggota keluarga untuk membeli makanan bergizi untuk anak terlebih dahulu, daripada membeli rokok.

“Masyarakat juga perlu melakukan revolusi mental, dan upaya yang serius harus dilakukan untuk mendorong perubahan pola pikir agar anggota keluarga memprioritaskan pendapatannya dari makanan bergizi daripada konsumsi rokok,” kata Hasto dalam artikel “Pameran Prestasi”. Tumbuh Kembang Balita” di Posyandu sebagai rangkaian acara memperingati Hari Keluarga Nasional ke-28, Jakarta, Sabtu.

Dikatakannya, keluarga miskin bisa menghabiskan hingga ratusan ribu rupiah untuk membeli rokok, padahal membelanjakan uang untuk makanan bergizi akan lebih bermanfaat untuk perbaikan gizi keluarga, terutama untuk perbaikan gizi anak guna mencegah stunting.

“Sosialisasi dan penyadaran masyarakat harus dilakukan oleh semua pihak secara bersama-sama secara masif,” ujarnya.

Selain itu, kata Hasto, perlu juga mengintensifkan upaya mengubah pola pikir masyarakat terkait protein hewani untuk menjamin gizi seimbang bagi keluarga dengan memanfaatkan lingkungan alam.

Masyarakat perlu dididik dan dididik tentang mengubah menu atau menggunakan sumber makanan yang tersedia tetapi bergizi seperti telur dan ikan.

“Mari bersosialisasi untuk berubah cara berpikir karena sebenarnya kemampuan alam sekitar keluarga dan masyarakat untuk menyediakan protein hewani sangat mencukupi,” ujarnya.

Pangan lokal yang bergizi cukup tersedia, katanya, namun dorongan untuk mengembangkan pola makan yang memberikan gizi seimbang masih jauh dari harapan.

Artikel sebelumyaPresiden minta vaksinasi ganda di daerah
Artikel berikutnyaPresiden sedang mempertimbangkan vaksinasi massal TNI-Polri sekaligus di seluruh Indonesia.