Beranda Nusantara Beberapa wilayah di Indonesia dapat mengalami hujan lebat.

Beberapa wilayah di Indonesia dapat mengalami hujan lebat.

Jakarta (ANTARA) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan petir, seperti beberapa wilayah di Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Menurut laporan peringatan dini cuaca yang dikutip situs BMKG dari Jakarta, terpantau situasi siklon di Samudera Hindia barat Sumatera pada Kamis yang membentuk zona pertemuan dan memperlambat kecepatan angin (konvergensi) merambat di sepanjang pantai barat Sumatera Utara. ke Sumatera Barat.

Zona konvergensi juga terbentang dari Aceh hingga Selat Malaka, dari Bengkulu hingga perairan barat provinsi tersebut, dari Kalimantan Timur bagian barat hingga Kalimantan utara, dari Sulawesi tenggara hingga Papua bagian tengah dan tengah.

Kondisi ini dapat meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklon dan di sepanjang daerah konvergensi.

Beberapa wilayah yang dapat mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan petir adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Maluku.

Sementara itu, curah hujan yang lebih ringan dapat terjadi di Kepulauan Riau, Bali, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

BMKG juga memprediksi Bengkulu dan Nusa Tenggara Timur akan mengalami angin kencang.

Potensi hujan dapat menyebabkan banjir dan banjir bandang di beberapa daerah seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara. yang termasuk dalam kategori waspada.

Artikel sebelumyaDelapan gempa susulan terjadi setelah gempa berkekuatan 7,1 SR dari Davao hingga Talaud.
Artikel berikutnyaSutradara wanita mengkritik penghargaan Johnny Depp