Beranda Hukum Bea Cukai Sumbar Hancurkan 12,3 Juta Rokok Ilegal

Bea Cukai Sumbar Hancurkan 12,3 Juta Rokok Ilegal

Bandarlampung (ANTARA) – Kantor Wilayah (Canville) Administrasi Umum Bea dan Cukai (DJBC) Sumatera Barat (Sumbagbar) memusnahkan hingga 12,3 juta batang rokok ilegal sebagai wujud materi misinya “pelindung masyarakat”.

“Jutaan rokok ilegal yang dimusnahkan bernilai Rp 12,5 miliar,” kata Kunto Prasti Trenggono, Kepala Bidang Penyidikan dan Penyidikan Kanwil Bea dan Cukai Sumbar.

Dia mengatakan jutaan rokok ilegal yang dimusnahkan adalah hasil dari penuntutan akhir 2020-2021 yang baru saja dibersihkan oleh Departemen Keuangan untuk dimusnahkan.

“Upaya ini merupakan tindakan nyata bea dan cukai untuk menciptakan rezim yang adil bagi industri rokok, yang mematuhi semua peraturan dan membayar pajak cukai sesuai dengan kewajibannya,” katanya.

Ia juga berharap tindakan ini akan mengarah pada pemberantasan peredaran rokok ilegal sehingga pasar lokal akan diisi dengan industri rokok yang sah dan taat hukum.

“Bisa dibayangkan jika barang haram ini beredar di pasar bebas, tidak hanya akan mengganggu pertumbuhan ekonomi, tetapi juga berdampak pada kemungkinan tidak ditaatinya hak dan kewajiban negara dan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan bahwa bea dan cukai selalu berupaya untuk menunaikan tugasnya dengan lebih hati-hati ke arah yang lebih baik sesuai dengan semboyan “Kepabeanan semakin baik”.

Oleh karena itu, pihaknya juga mengajak seluruh masyarakat dan pejabat pemerintah lainnya untuk bekerja sama memerangi peredaran gelap rokok, spiritus dan vape.

“Ke depan, kami akan meningkatkan kegiatan pengawasan dan penyuluhan, bekerja sama dengan aparat penegak hukum setempat dan mengharapkan partisipasi masyarakat dalam memfasilitasi bea dan cukai,” katanya.

Artikel sebelumyaBPK Konfirmasi SMBN Bab 7 Tangsel Terkait Aliran Uang Dalam Kasus Korupsi
Artikel berikutnyaKPK Selidiki Penerimaan Uang ASN Dalam Kasus Bupati Hulu Sungai Utara