Beranda Warganet Bantuan letusan Gunung Semeru dipusatkan di Pendapa Arya Viraraja.

Bantuan letusan Gunung Semeru dipusatkan di Pendapa Arya Viraraja.

Lumajang, Jawa Timur (ANTARA) – Bantuan bagi warga yang terkena dampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dipusatkan di Pendapa Arya Viraraja pada Sabtu malam untuk mempermudah koordinasi dan penyaluran bantuan.

“Bantuan bisa langsung diterima di Pendapa Arya Wiraraja karena malam ini akan kami salurkan ke daerah bencana,” kata Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Ia menghimbau kepada masyarakat untuk membantu para korban erupsi Gunung Semeru di kawasan Pronodivo dan sekitarnya, karena bantuan tersebut sangat dibutuhkan.

“Saudara-saudara kita yang terkena dampak letusan Gunung Semeru membutuhkan bantuan. Yang sangat dibutuhkan adalah nasi bungkus, sandang yang sesuai, makanan bayi dan kebutuhan mendesak lainnya,” ujarnya.

Bupati bernama Chuck Torik mengatakan, seluruh bantuan harus dikumpulkan di Pendapa Kabupaten Lumajang untuk disalurkan kepada masyarakat yang saat ini berada di posko pengungsian.

Ajakan Bupati Lumajang untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru pun cepat ditanggapi masyarakat, karena silih berganti, bantuan masyarakat sampai di Arya Wiraraja Lumajang Pendapa dan mulai menyebar.

“Yang penting pakaian layak pakai dan makanan segera dibagikan kepada masyarakat karena sangat dibutuhkan,” ujarnya sebelum menuju ke kawasan yang terkena dampak gunung berapi Semeru.

Logistik dari masyarakat mulai disalurkan dengan truk milik Pemkab Lumajang. Donasi yang terkumpul antara lain makanan siap saji, air mineral, pakaian yang layak, mie instan dan selimut.

Hingga Sabtu malam, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lumajang yang didukung sejumlah relawan terus mengumpulkan bantuan dari warga yang terus berdatangan.

Gunung Semeru masih berstatus Tier II atau Awas, namun kemungkinan turunnya awan panas masih tinggi, ditambah material lahar dingin yang terus mengalir ke DAS.

Menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), aktivitas vulkanik di Gunung Semeru meningkat akibat awan panas yang jatuh ke arah Besuk Kobokan, Kecamatan Pronodjivo, Kabupaten Lumajang, pada Sabtu sore.

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), terpantau longsoran lahar pijar dengan jarak luncur sekitar 500-800 meter, dengan pusat longsoran terletak sekitar 500 meter di bawah kawah.

Artikel sebelumyaBandara Juanda tidak terdampak erupsi Semeru
Artikel berikutnyaBPBD Kediri turunkan personel untuk bantu evakuasi korban erupsi Semeru