Beranda Warganet Banjarmasin memecahkan rekor pendidikan massal siswa Sasirangan

Banjarmasin memecahkan rekor pendidikan massal siswa Sasirangan

Banjarmasin (ANTARA). Puncak perayaan Hari Ulang Tahun (Kharjad) ke-496 Banjarmasin, Kalimantan Selatan pada tahun 2022 menjadi istimewa karena dianugerahi pemecahan rekor pendidikan hibrida Sasirangan untuk 49.600 siswa SD dan SMP di seluruh kota Banjarmasin.

Penghargaan dan piala diserahkan langsung kepada Ketua Lembaga Prestasi Dunia Indonesia, Paulus Pangke, dalam acara HUT ke-496 di halaman Balai Kota Banjarmasin, Rabu.

Piagam penghargaan diserahkan kepada Walikota Banjarmasin H. Ibnu Sina, Wakil Walikota Banjarmasin H. Arifin Nur, Walikota Banjarmasin Dekranasda Khj Kota Wasila, Sekda Banjarmasin Ihsan Budiman dan Kepala Dinas Pendidikan Banjarmasin Nuryadi.

“Bahkan menurut pengamatan kami, ada lebih dari 49.600 siswa di sini, tetapi jumlahnya disesuaikan dengan tahun kelahiran kota ini yang ke-496,” kata Paul Pangka, ketua World Achievement Institute di Indonesia.

Pihaknya juga mengapresiasi kegiatan kreatif dan edukatif tersebut, serta memberikan bingkisan khusus untuk Kota Kharjad di Banjarmasin, yakni pada 24 September 2022.

Acara edukasi Sasirangan online untuk pelajar ini dilakukan langsung oleh Wali Kota Banjarmasin H. Ibnu Sina didampingi wakilnya H. Arifin Nur tentang sejarah kain Sasirangan yang muncul sejak abad ke-12 Masehi.

Menurut Ibnu, pembuatan kain rajut Sasirangan termasuk dalam cerita rakyat negeri Deepa atau dalam cerita Putri Junjung Bui yang ingin dinikahi Patih Lambung Mangkurat.

“Setelah Patih Lambung Mangkurat bersemedi selama 40 hari 40 malam di atas rakit banyu basol (dibawa oleh air sungai) untuk membuat sehelai kain untuk putri yang disebut kain Sasirangan,” katanya.

Dahulu kain sasirangan ini digunakan sebagai media penyembuhan, sehingga tidak dilakukan sembarangan, namun seiring berjalannya waktu menjadi fashion yang cantik, bahkan sekarang sudah mulai mendunia.

Oleh karena itu, dalam setiap Harjad diadakan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) tahun 2022, ini sudah menjadi yang ke-6 yang dimeriahkan oleh mahasiswa.

Jumlah siswa yang mengikuti pelatihan mengenakan Sasirangan hari ini sebanyak 49.600 dari 236 sekolah, yakni 187 SD dan 49 SMP.

Selain menjadi tuan rumah acara ini, Harjad ke-496 juga akan menjadi tuan rumah Festival Anggrek Seribu Sungai dari tanggal 29 September hingga 1 Oktober di Taman Bungas Orchid di Screen House Banjarmasin.

Kemudian Banjarmasin Expo pada 28 September hingga 2 Oktober 2022 di Siring Sungai Jalan Piare Tendean Banjarmasin Tengah.

Kemudian, Kemilau Banjarmasin Bungai, 28 September 2022, di sumber Sungai Martapura di Jalan Piare Tendean, Banjarmasin Tengah.*

Artikulli paraprakLebih dari 25.000 kasus cacar monyet telah dilaporkan di AS
Artikulli tjetërPengamat: RUU Pendidikan Nasional Optimalkan Penggunaan Bahasa Ibu