Beranda Nusantara Bandara Juanda tidak terdampak erupsi Semeru

Bandara Juanda tidak terdampak erupsi Semeru

Hasil paper test juga menunjukkan abu vulkanik negatif atau tidak ada (NIL) di Bandara Juanda.

Sidoarjo (ANTARA) – Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur dilaporkan masih beroperasi seperti biasa dan belum terkena dampak erupsi Gunung Semeru, kata Direktur Utama Bandara Juanda Sisiani Jaffar dalam keterangan tertulis di Sidoarjo, Sabtu.

Ia mengatakan, hingga pukul 20.00 WIB, Bandara Juanda beroperasi normal dan letusan Gunung Semeru tidak berdampak signifikan terhadap operasional bandara Juanda.

“Hasil ujian kertas juga menunjukkan abu vulkanik negatif atau tidak ada (NIL) di Bandara Juanda,” ujarnya.

Dikatakannya, meski tidak ada dampak signifikan, PT Angkasa Pura I (Purcero) Bandara Juanda telah mengambil langkah proaktif terkait kejadian tersebut.

“Kami terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan penerbangan antara lain kantor administrasi bandara, AirNav Indonesia cabang Surabaya dan kantor BMKG mengenai perkembangan dan informasi terbaru,” katanya.

Kemudian partainya juga ujian kertasdari sisi udara untuk mengetahui secara visual ada tidaknya sebaran abu vulkanik.

“Kami juga mengantisipasi keterlambatan atau penyimpangan penerbangan akibat erupsi Semeru melalui penyiapan ruang tunggu dan parkir pesawat,” ujarnya.

Sebelumnya, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), aktivitas gunung berapi di Gunung Semeru meningkat karena adanya awan panas yang mengguyur Besuk-Kobokan, kawasan Pronodjivo, Kabupaten Lumajang.

Menurut catatan yang disusun oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), longsoran lahar panas teramati pada jarak sekitar 500-800 meter, dan pusat longsoran berada sekitar 500 meter di bawah kawah.

Artikel sebelumyaAwan panas Semeru sebagian hangus terbakar
Artikel berikutnyaBantuan letusan Gunung Semeru dipusatkan di Pendapa Arya Viraraja.