Beranda Trending Bamset berharap para musisi dapat dengan mudah mendapatkan hak lisensi atas karyanya.

Bamset berharap para musisi dapat dengan mudah mendapatkan hak lisensi atas karyanya.

Jakarta (ANTARA) – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo berharap semua musisi dapat dengan mudah memperoleh hak lisensi atas karyanya yang digunakan dalam kegiatan komersial dan pelayanan publik, sehingga dapat menjalani kehidupan yang lebih aman di hari tua.

Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 56 Tahun 2021 pada tanggal 30 Maret 2021 tentang Pengelolaan Hak Cipta atas Lagu dan/atau Musik. bisnis atau pelayanan publik,” ujar Bamsut yang akrab disapa, usai berbincang santai dengan Ketua Ikatan Pengelola Artis Indonesia (Imarindo) Nanda Persada di Jakarta, Minggu.

Bambang Soesatyo mengatakan GD Nomor 56 Tahun 2021 merupakan turunan dari Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Dengan adanya PP ini, kerangka hukum pemungutan dan pembagian royalti menjadi lebih kokoh; termasuk ruang lingkup kegiatan yang diwajibkan membayar royalti, mulai dari pertunjukan, iklan, dan pengalihan komersial atas karya yang dilakukan dengan cara yang serupa atau secara digital.

“PP No 56 Tahun 2021 tidak hanya mengatur kewajiban royalti atas pertunjukan musik oleh musisi. Tetapi juga mengatur kewajiban royalti atas reproduksi lagu rekaman dan penyiaran pertunjukan musik rekaman melalui berbagai media, termasuk internet,” kata Bamsut.

Ketua Umum Ikatan Mobil Indonesia (IMI) menilai salah satu kendala pembayaran royalti kepada musisi adalah kurangnya basis data lagu dan musik yang dijadikan acuan pemberian hak cipta. Pasalnya, tidak semua pencipta lagu di Indonesia bersedia mendaftarkan karyanya ke Kementerian Hukum dan HAM.

“Musisi juga harus bergabung dengan Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) sebagai lembaga yang diberdayakan untuk mengumpulkan dan mendistribusikan royalti. Dan saya berharap Imarindo di bawah kepemimpinan Nanda Persada membuat terobosan. Dengan begitu, musisi bisa dengan mudah mendapatkan hak lisensi atas karya yang mereka hasilkan,” ujarnya.

Artikel sebelumyaChris Wu ditahan, apa maksudnya? Ini penjelasan dari pengacara
Artikel berikutnyaNaik skutik listrik, kampanye promosi kesehatan petugas blusukan di Solo