Beranda Warganet Balai Kota Depok menerima mobil perpustakaan keliling dari Perpusnas

Balai Kota Depok menerima mobil perpustakaan keliling dari Perpusnas

Depok (ANTARA) – Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, mendapat bantuan berupa Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) untuk meningkatkan minat baca dan literasi warga Depok.

“Terima kasih Wali Kota Depok yang mengarahkan saya ke Perpusnas sehingga saya bisa mendapatkan mobil perpustakaan keliling untuk warga Depok,” kata Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono di Depok, Jumat.

Ia berharap perpustakaan keliling ini dapat bermanfaat bagi warga Kota Depok yang ingin memperluas pengetahuannya dengan membaca buku. “Dengan satu unit mesin baca ini, literasi di kota akan meningkat,” harapnya.

Imam Budi Hartono yang biasa disapa IBH mendoakan agar mobil perpustakaan keliling ini dapat bermanfaat bagi Kota Depok dimana ia berada.

Selain bantuan satu mobil, Pemkot Depok menerima tiga paket taman bacaan umum dari Perpunas.

“Selain mobil, kami juga menerima 3 paket TBM untuk taman bacaan umum dari Perpustakaan Nasional RI,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Depok, Jawa Barat, Kota Charija, mengatakan minat baca warga Depok setiap tahun semakin meningkat.

“Minat baca tahun 2018 sebesar 63,94 persen, tahun 2019 naik 64,88 persen, dan tahun 2020 naik 66,37 persen,” kata City Charija.

Menurutnya, kecintaan dan minat membaca anak juga ditentukan oleh faktor lingkungan. Jika benar minat membaca dipupuk sejak dini, diharapkan dapat terbentuk budaya membaca*.

Artikel sebelumyaBMKG: Hujan deras disertai petir terjadi di beberapa wilayah
Artikel berikutnyaLima produk baru dari "Daftar putar rumah sakit" musim kedua