Beranda News Apresiasi kepada pemerintah pusat dan daerah atas apresiasinya terhadap kerja keras melawan...

Apresiasi kepada pemerintah pusat dan daerah atas apresiasinya terhadap kerja keras melawan COVID-19

Bogor (ANTARA) – Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menghargai komunikasi, koordinasi, dan kerja sama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam memerangi dan memerangi pandemi COVID-19.

Ketua Umum Apeksi yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya dalam keterangannya, Selasa di Bogor, mengatakan rantai komunikasi, koordinasi, dan kerja sama yang jelas telah membuat perjuangan negara melawan COVID-19 sangat sukses dalam menekan kasus secara radikal.

Bima Arya juga menyampaikan apresiasinya saat rapat dengar pendapat dengan Komite I Dewan Perwakilan Daerah Indonesia (DPD) di Senayan, Jakarta pada Senin (20 September), membahas penilaian penyelenggaraan pemerintahan daerah selama pandemi COVID-19.

Bima Arya menegaskan ada dua faktor yang membuat Indonesia mampu “survive” dan mengatasi pandemi COVID-19 saat ini, yaitu kebijakan pemerintah yang berwawasan ke depan dan kebijakan kerja sama.

Pemangku kepentingan yang dapat membangun kedua pendekatan ini dapat “bertahan” di tengah pandemi COVID-19 saat ini, ujarnya.

“Pemerintah pusat dan daerah perlu bisa membaca prakiraan seperti apa tren ke depan sehingga bisa merumuskan model kerja sama yang tepat,” ujarnya.

Bima menjelaskan, kondisi Indonesia saat ini membaik dalam memerangi COVID-19 karena dua faktor tersebut.

“Sebagai Pokja Sentral pada saham COVID-19. Ada Pak Ayrlangga, ada Pak Luhut yang dengan hati-hati menurunkan hierarki subordinasi. Temui kami secara online dengan kepala daerah minimal seminggu sekali,” ujarnya.

Bima menjelaskan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjayitan setiap minggunya mengumpulkan para kepala daerah, memberikan arahan dan mengkoordinir penanganan COVID-19 di daerahnya.

“Setelah itu ada arahan dari gubernur, kemudian kami bertemu di Satgas. Jadi, selama seminggu kita berkoordinasi minimal tiga kali, baik di tingkat nasional maupun di tingkat provinsi dan kota,” ujarnya.

Bima mengatakan, Mendagri Tito Karnavian dan para Dirjen Kemendagri memberikan kepemimpinan dan komunikasi yang baik dengan para pemimpin daerah.

Bima melanjutkan rantai koordinasi yang rapi ini, yang membuat perjuangan negara melawan COVID-19 sangat sukses dalam hal mengakhiri kasus secara meyakinkan.

“Mungkin inilah yang membedakan Indonesia dengan Singapura, Filipina, Thailand, dan bahkan mungkin negara lain yang lagi-lagi terjangkit COVID-19, seperti Australia, Jepang, dan Korea Selatan,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Bima Arya memuji kerja Menkes, TNI/Polri dan seluruh struktur birokrasi yang berusaha mempercepat proses vaksinasi.

Artikel sebelumyaBoyolali Sembuh Dari COVID-19 Menjadi 23.008
Artikel berikutnyaSebuah helikopter dari Penerbad mengevakuasi tubuh seorang pekerja medis Gabriela dari Kivirok