Beranda News Anggota DPR: Inti RUU IKN sudah disepakati

Anggota DPR: Inti RUU IKN sudah disepakati

Jakarta (ANTARA) – Anggota Panitia Khusus (Pansus) RUU tentang Ibu Kota Negara (RUU IKN) Ahmad Baidovi mengatakan, inti dari RUU IKN sudah disepakati antara DPR RI dan pemerintah, yakni terkait dengan pemerintah daerah khusus.

“Pada Rabu (15 Desember) malam, pembuatan substansi tentang pemerintahan khusus telah selesai, hal ini tidak diatur oleh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Karena itu, ada pemerintah daerah yang khusus atau khusus,” kata Baidovi di Kompleks Parlemen. , Kamis.

Ia menjelaskan, awalnya pemerintah menginginkan IKN baru berbentuk badan pemerintahan, namun DPR RI diingatkan jika bersikeras berpendapat, tidak akan ada dalam aturan UUD 1945.

Menurutnya, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 hanya menyebutkan bahwa pemerintah daerah bersifat khusus dan/atau istimewa.

“Jadi komprominya tidak ada kekuasaan, tapi ada pemerintahan khusus untuk ibu kota negara. Ini intinya, sisanya akan menyusul,” ujarnya.

Politisi PUP itu menjelaskan, Panitia Ad Hoc RUU IKN dan pemerintah akhirnya menyepakati IKN sebagai pemerintah daerah khusus, sehingga proses pembahasan berlanjut di kelompok pembangunan dan kelompok pembangunan.

Baidovi meyakini proses pembahasan RUU IKN akan dilakukan dengan cepat, karena hanya ada sekitar 34 pasal, dan diperkirakan pada sesi ke-3, masa sidang adalah 2021-2022. Akan selesai.

Artikel sebelumyaDisinformasi! Gunung Velirang meletus
Artikel berikutnyaAnggota Komisi VI DPR: BUMN Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional