Beranda Warganet Akses air terjun di Aceh Besar terhalang karena banjir

Akses air terjun di Aceh Besar terhalang karena banjir

Banda Aceh (ANTARA) – Akses menuju lokasi wisata air terjun Sukhoi di Kabupaten Lhung, Kabupaten Aceh Besar terputus akibat banjir di kawasan tersebut.

“Dampak banjir di kawasan Lhung Aceh Besar salah satunya jalan penghubung menuju lokasi wisata Air Terjun Sukhoi terputus,” kata Kepala BPBD Aceh Besar Farhan kepada AP melalui Petugas Pusdalops Maswani di Aceh Besar. Kamis.

Sebelumnya, hujan deras yang melanda kawasan Aceh Besar menyebabkan banjir dan tanah longsor di beberapa titik di Aceh Besar hingga ke pemukiman penduduk.

Peristiwa itu terjadi setelah sungai Krueng Kala dan Krueng Pudeng membanjiri kawasan Lhung Aceh Besar. Bahkan, menggenangi beberapa ruas jalan penghubung antara desa dan rumah warga dengan ketinggian air rata-rata 30 hingga 60 sentimeter.

Maswani mengatakan, selain menutup jalan menuju lokasi wisata air terjun, tebing Kali Krueng Kala di kawasan itu juga tergerus sekitar 20 meter sehingga mengganggu akses menuju air terjun.

Selain itu, banjir juga merusak atau meruntuhkan bronjong sekitar 30 meter di tebing Sungai Pudeng, dan mengancam meruntuhkan rumah warga yang berdekatan dengan tebing, kata Maswani.

“Tangga Sungai Pudeng juga rusak sekitar 20 meter, sehingga air masuk ke pemukiman warga dengan debit air yang tinggi, serta akibat pengikisan fasilitas olahraga lapangan sepak bola,” katanya.

Maswani mengatakan, sejauh ini tidak ada yang dirugikan akibat banjir ini dan seluruh warga yang dievakuasi telah kembali ke rumah masing-masing karena air sudah surut.

Tim BPBD Aceh Besar masih menyiagakan petugas lapangan untuk memantau kondisi dan situasi terkini di wilayah Aceh Besar serta melakukan pendataan.

“Penghitungan kerugian banjir di Aceh Besar belum diketahui karena masih dikumpulkan petugas lapangan,” kata Maswani *.

Artikel sebelumyaDi Palangka Raya, total orang yang sembuh dari COVID-19 mencapai 9403 orang.
Artikel berikutnyaLuhut minta Bali perkuat isolasi dan pencarian terpusat