Beranda Warganet Ada 2.400 nelayan terdaftar di Lampung yang mengikuti asuransi nelayan.

Ada 2.400 nelayan terdaftar di Lampung yang mengikuti asuransi nelayan.

Bandarlampung (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Lampung (Pemprov) mencatat hingga 2.400 nelayan di daerah itu ikut asuransi nelayan.

“Untuk asuransi nelayan sudah tiga tahun berjalan,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung Lisa Derny di Bandarlampung, Rabu.

Dikatakannya, selama tiga tahun terakhir, sebanyak 2.400 nelayan telah mengikuti program perlindungan tenaga kerja bagi para nelayan tersebut.

“Jumlah peserta yang terdaftar sekitar 2.400 nelayan dari sekitar 36.000 nelayan yang ada di Lampung,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, premi asuransi yang harus dibayar nelayan relatif terjangkau yakni Rp 16.000.

“Asuransi nelayan ini ada tahapannya, premi paling rendah Rp 16.000 yang harus dibayar nelayan setiap bulannya,” ujarnya.

Tunjangan itu untuk biaya sekolah anak-anak nelayan yang orangtuanya mengalami kecelakaan kerja hingga lulus sekolah, katanya.

“Bila terjadi kecelakaan kerja, anak nelayan yang terkena bencana alam akan diasuransikan sampai lulus. Asuransi ini memberikan keuntungan yang cukup besar bagi nelayan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk meningkatkan kepesertaan nelayan dalam asuransi nelayan, sosialisasi dilakukan di 15 kabupaten dan kota.

“Kami terus menyosialisasikan ke setiap daerah dan kota karena banyak yang belum memahami asuransi nelayan, karena asuransi ini sangat bermanfaat dalam hal keselamatan jika terjadi kecelakaan,” ujarnya.

Artikulli paraprakLPA Jawa Timur rutin mendampingi anak-anak korban tragedi di Kanjurukhan.
Artikulli tjetërDinas Kesehatan DIY Minta Pengelola KTR Lakukan Evaluasi Mandiri