Beranda News Ace yakin pidato Presiden berisi langkah-langkah terukur untuk melawan COVID-19

Ace yakin pidato Presiden berisi langkah-langkah terukur untuk melawan COVID-19

Kebijakan pengetatan mobilitas penduduk harus menjadi langkah selanjutnya jika penularan COVID-19 belum terkendali mengingat dampak sosial dan ekonomi yang ditimbulkannya.

Jakarta (ANTARA). Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar Ace Hassan Syadzili yakin Presiden Joko Widodo (Jokovi) akan mengambil langkah kebijakan yang tepat dan terukur dalam memerangi pandemi COVID-19.

“Saya yakin Presiden Djokovi akan mengkomunikasikan langkah-langkah kebijakan yang tepat dan terukur untuk memerangi penyebaran COVID-19 dan strategi pemulihan ekonomi di tengah pandemi ini,” kata Ace menjawab pertanyaan dari ANTARA di Jakarta, Minggu.

Ia juga menyatakan bahwa pidato kenegaraan Presiden Djokovi pada sidang tahunan MPR RI pada Selasa, 16 Agustus 2021 harus menyampaikan optimisme Indonesia untuk keluar dari pandemi COVID-19.

Ace menyarankan pemerintah memprioritaskan kebijakan manajemen kesehatan, yaitu mendorong vaksinasi massal untuk mencapai kekebalan kelompok dan menyediakan obat-obatan bagi orang yang terpapar COVID-19.

“Rumah sakit daerah, serta zona isolasi terpusat di tingkat desa atau kecamatan, disertai dengan tenaga medis yang berkualitas, juga harus menjadi perhatian pemerintah,” tambah Ace.

“Kebijakan mobilitas masyarakat yang lebih ketat harus menjadi langkah selanjutnya jika penyebaran COVID-19 belum terkendali mengingat dampak sosial dan ekonomi yang ditimbulkannya,” katanya.

Dari sisi ekonomi, lanjut Ace, pertumbuhan 7,07 persen yang terlihat pada kuartal kedua harus diperkirakan.

Dia menilai pencapaian ini berdampak positif secara psikologis terhadap kepercayaan pemerintah dan pelaku pasar terhadap pemulihan ekonomi yang cepat.

Ace berharap pemerintah menjaga dan memperkuat tren positif ini pada kuartal berikutnya untuk memacu pemulihan ekonomi sehingga berbagai dampak sosial dan ekonomi dari pandemi COVID-19 dapat terus membaik.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI juga mengatakan perlu lebih mendorong masyarakat untuk membiasakan perubahan perilaku saat mengikuti protokol kesehatan (proca), yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Kami harus melakukan penyesuaian baru pada perilaku sehari-hari kami dengan protokol kesehatan di tengah ketidakpastian tentang hilangnya virus,” kata Ace.

Ia berharap perubahan perilaku juga akan sejalan dengan berbagai kegiatan ekonomi utama sehingga produktivitas masyarakat terus meningkat.

Artikel sebelumyaKomnas HAM berharap Presiden tetap berkomitmen untuk menghormati hak asasi manusia.
Artikel berikutnyaMP: Kemerdekaan adalah tentang menanamkan optimisme selama pandemi.