Beranda Nusantara 11 kabupaten di NTT rawan kebakaran hutan-tanah

11 kabupaten di NTT rawan kebakaran hutan-tanah

Kupang (ANTARA). Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Selasa, mengirimkan peringatan dini potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di 11 wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kepala Stasiun Meteorologi BMKG El Tari Kupang Agung Sudiono Abadi di Kupang, Selasa, mengatakan wilayah yang harus diwaspadai potensi kebakaran hutan dan lahan adalah Kota Kupang dan Kabupaten Kupang, Timor Tengah Utara, Belo, Rote Ndao. , Sabu Raijua, Timur. Sumba, Sumba Tengah, Alor, Lembata dan Flores Timur.

Agang mengatakan rerumputan atau dedaunan yang biasanya menutupi lantai hutan di kawasan ini sangat kering dan mudah terbakar, sehingga bisa memicu kebakaran hutan dan lahan.

Ia menekankan pentingnya pencegahan kegiatan yang dapat menyebabkan kebakaran hutan dan lahan, seperti pembukaan lahan pertanian dengan membakar dan membuang puntung rokok di area terbuka di daerah rawan kebakaran.

“Tindakan yang menimbulkan titik api seperti itu harus dihindari karena dapat memicu meluasnya kebakaran hutan dan lahan,” katanya.

Agung menambahkan, akibat angin kencang, kebakaran hutan dan lahan di daerah kering menyebar dengan cepat dan sulit dikendalikan.

Artikulli paraprakBeberapa kota menjanjikan hujan
Artikulli tjetërBPBD: Delapan titik banjir dan lima titik longsor di Ambon.